Pabung Konsel Mayor Inf Kamil BC bertindak selaku nara sumber dalam dialog akhit tahun yang bertajuk dialog semangat kebersamaan dan Cinta Tanah Air yang di gelar FKPPI Kota kendari. Rabu (28/12/2016).

FKPPI Kota Kendari Gelar Dialog Pola Pencegahan dan Penanganan Konflik Komunal

Kendari, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) – Dalam rangka membangun semangat kebersamaan dan Cinta Tanah Air, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawiran ABRI (FKPPI) Kota Kendari menggelar dialog akhir tahun di salah satu Warkop di Kota Kendari Rabu (28/12/2016).

Dialog yang bertemakan Pola Pencegahan dan Penanganan Konflik Komunal pada Masyarakat itu diikuti oleh seluruh perwakilan organisasi kepemudaan dan organisasi massa se-Kota Kendari dengan menghadirkan nara sumber dari TNI, Kesbangpol serta Akademisi.

Pantauan Penrem 143/HO, Narasumber dari TNI adalah Perwira Penghubung (pabung) Konsel, Mayor Inf Kamil Bc, dari Kesbang Pol hadir Sekretaris Kesbangpol Prov. Sultra Hamdani Piabang, S.E., dan dari kalangan Akadaemisi tampil Dosen Pakar Komuniokasi UHO Dr M. Najib Husain, S.Sos, M.Si.

Mewakili Dandim 1417/Kendari, Pabung Konsel Mayor Inf Kamil Bc dalam presentasinya mengatakan perkembangan sosial masyarakat saat ini sangat dinamis sehingga membutuhkan suatu pola pencegahan dan penanganan konflik yang komprehensif.

Lanjut dia konflik komunal terjadi karena adanya ketidaksesuaian (disharmoni) antara kenyataan sosial dengan harapan individu sehingga mengakibatkan adanya pergeseran nilai dan norma yang tidak tepat dalam kelompok sosial. Selain itu adanya kecenderungan ketidak percayaan pada kelompok komunal yang semakin besar yang menyebabkan alih fungsi kepercayaan (dishedritasi) pada identitas komunal tersebut.

Kata dia salah satunya jalan untuk mencegah terjadinya provokasi yang memicu konflik komunal adalah menghilangkan budaya provokasi dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan. Itu harus terus dilakukan meskipun tidak akan mudah dilaksanakan di tengah masyarakat yang serba plural. katanya

Dia menambahkan komunikasi dan interaksi antar organisasi dan lembaga-lembaga serta semangat kebersamaan dalam menjaga keharmonisan lintas generasi juga yang sangat diperlukan. Hal ini dimaksudkan guna meningkatkan semangat nasionalisme sekaligus menghilangkan semangat primordialisme masyarakat katanya lagi.

Kepada penrem 143/HO, Pabung Konsel mengatakan bahwa TNI khususnya Kodim 1417/Kdi mengapresiasi langkah FKPPI Kota Kendari yang menyelenggarakan kegiatan tersebut. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan kami berharap menjadi agenda tahunan dari FKPPI dalam menyerukan semangat nasionalisme pungkas Kamil. (Penrem143).

About Penrem 143/HO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.