Home / Berita / DANREM 143/HO TEGASKAN KEMBALI “NETRALITAS TNI” DIDEPAN PENGURUS DAN ANGGOTA FKPPI DAN PPM
fhoto bersama Danrem 143/Ho dengan para pengurus FKPPI dan PPM Sultra, Jum,at (29/6).

DANREM 143/HO TEGASKAN KEMBALI “NETRALITAS TNI” DIDEPAN PENGURUS DAN ANGGOTA FKPPI DAN PPM

Kendari - (http://korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) - Bertempat di gedung Tamalaki Korem 143/Ho, Pada hari Jum,at tadi pagi 29/6) Korem 143/Ho menggelarKegiatan Komsos TNI Korem 143/Ho dengan FKPPI dan PPM Se-Sultra.

Kegiatan Komsos TNI Korem 143/Ho dengan FKPPI dan PPM dihadiri oleh Danrem 143/Ho Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, S.I sertaratusan pengurus dan anggota FKPPI dan PPM dari Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Sultra.

Komsos yang diselenggarakan Staf Ter Korem 143/Ho tersebut menggusung TemaMelalui Komsos TNI Kita Pelihara Netralitas dan Kemanunggalan Dengan Rakyat Untuk Mewujudkan TNI Yang Siap Melaksanakan Tugas Pokok.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 143/Ho Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, S.IP menegaskan kembali tentang Netralitas TNI dalam Pemilu dan PemiluKada.

Menurut Danrem, Tahun 2018 dan 2019 merupakan tahun politik dikarenakan pada tahun ini merupakan tahun dilaksanakannya Pemilukada dan tahun Pemilu Legislatif dan Pemilu Pilpres.

Bagi TNI Netralitas TNI dalam Pemilukada dan Pemilu adalah pilihan yang paling tepat dalam mempertahankan NKRI.

Netralitas TNI merupakan amanah dalam pelaksanaan reformasi internal TNI sesuai dengan UU 34/2004 tentang TNI.

Makna tema "netral" dalam buku tersebut adalah tidak berpihak, tidak ikut, atau tidak membantu salah satu pihak.

Kemudian, yang dimaksud dengan "netralitas TNI", yakni TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.

Khusus bagi keluarga prajurit TNI (istri/suami/anak), hak memilih merupakan hak individu selaku warga negara. Dalam hal ini, institusi atau satuan dilarang memberi arahan di dalam menentukan pelaksanaan dari hak pilihan tersebut.

Demikian juga dengan para prajurit TNI, tidak diperkenankan memobilisasi semua organisasi sosial, keagamaan, dan ekonomi untuk kepentingan partai politik dan kandidat tertentu.

Di samping itu, prajurit dilarang sebagai juru kampanye serta larangan lain yang sudah diatur di dalam peraturan perundang-undangan.

Tugas Pokok TNI Adapun tugas pokok TNI, sebagaimana yang diatur dalam Pasal 7 UU TNI, adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Menyinggung tentang Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, Danrem menegaskan "Kemanunggalan TNI dan Rakyat adalah mutlak dimiliki dan dilakukan oleh TNI sebagai kekuatan Inti Pertahanan Negara.

Sejarah membuktikan bahwa dengan kemanunggalan TNI dengan rakyatlah bangsa Indonesia mampu mengusir penjajahan negara asing di tanah air Indonesia.

" Oleh karena itu Kemanunggalan TNI dan Rakyat adalah bersifat mutlak dan tidak bisa ditawar ".

Netralitas TNI dalam pemilu dan Pemilukada adalah harga mati bagi TNI, tak lupa Alumni Akmil ,91 ini mengutip amanah Panglima Besar Jenderal Besar Sudirman salah satu sosok putera terbaik bangsa, yang selama hayatnya tak pernah ingkar terhadap perjuangan membela dan mempertahankan kemerdekaan NKRI, beliau mengatakan bahwa Satu-satunya milik nasional yang tetap tidak berubah adalah TNI .

Hal itulah yang harus dipahami dan di mengerti oleh semua pihak, apalagi bagi keluarga besar TNI.

Pada akhir sambutannya Danrem memintaorganisasi FKPPI dan PPM untuk terus lebih peka dan aktif dalam menjaga situasi wilayah khususnya wilayah agar wilayah Sulawesi Tenggara tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

Sebagai salah satu komponen bangsa dan bagian dari keluarga besar TNI-Polri, FKPPI dan PPM mampu bertindak searah dengan kebijakan-kebijakan TNI-Polri dan pemerintah untuk berperan aktif dalam melaksanakan tugas sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Tentunya FKPPI dan PPM dituntut menyingsingkan lengan bajunya bersama-sama komponen bangsa yang lain, untuk bekerja keras turut menangkal segala sesuatu yang dapat merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara dan membantu untuk kepentingan rakyat.

Turut hadir dalam kegiatan Komsos tersebut ; Ketua DPW FKPPI dan PPM Prov.Sultra Rusman Emba (Bupati Muna), Ketua KBP3 Drs. Yusup Mundu, M.Si, Ketua PPAU Endang Pratiwi, SH, Ketua HIPAKAD Ir. Yani Muluk, Kasrem 143/Ho Letkol Inf Arif Susanto, Dandenpom Kdi Letkol Cpm Rus,an,Para Pamen Korem 143/Ho serta para pengurus FKPPI dan PPM Prov.Sultra maupun Kabupaten dan Kota. (penrem143).

About Penrem 143/HO

Check Also

Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto, S.E., M.Si. : Semua Memiliki Andil Dalam Membangun dan Memajukan Satuan.

Kendari, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) Terus semangat semua akan menjadi ringan dan mudah bila kita mau dan bersama …

Korem 143/HO Terima Sebuah Mobil Pinjam Pakai Dari Pemerintah Provinsi Sultra

Kendari, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) Sebagai bentuk apresiasi terhadap kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini antara …

DUKUNG KESIAPAN YONIF 725/WRG, MABESAD GELAR PENGAWASAN DAN PETUNJUK DOKTRIN TNI-AD DAN BINSIS ALUTSISTA

Konsel, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) Dalam rangka mendukung kesiapsiagaan dan kesiapan operasi satuan, Mabes Angkatan Darat dalam hal …

Senam Kesegaran dan Tatap Muka Bersama Ketua Persit KCK PD XIV /Hasanuddin

Buton, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) Kamis (21/11) bertempat di Lapangan Makodim 1413/ Buton Jln. Jendral Sudirman Kelurahan Wangkanapi …

Komandan Korem 143/HO Hadiri Karnaval Budaya Festival Keraton Masyarakat Adat Asean VI Polima.

Bau Bau, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) Komandan Korem 143/HO Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto, S.E,. M.Si., pada Selasa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.