Home / Berita / “Empat Lagi dari Tiga Belas orang” Warga Kendari Eks Gafatar tiba di Kendari.

“Empat Lagi dari Tiga Belas orang” Warga Kendari Eks Gafatar tiba di Kendari.

Kendari (korem143.kodam-wirabuana.mil.id) - Empat orang lagi warga Sultra Eks Gafatar dari 13 orang Pengungsi Eks Gafatar dari Kalimatan Timur (Kaltim) kembali lagi ke Sultra, ini berarti sudah 6 orang warga sultra dikembalikan oleh Pemda Kaltim menyusul 2 orang yang kembali ke Baubau baru-baru ini. 4 orang warga Kendari itu Pada hari Jum,at sore tanggal 12 Februari 2016, tiba di Bandara Halu Oleo Kabupaten Konawe selatan dengan menggunakan pesawat ATR wing air dengan nomer penerbangan IW 1336.

Keempat warga Kota Kendari tersebut setibanya di Bandara Halu Oleo langsung menuju VIP Room Bandara Halu Oleo, dan dilaksanakan penyerahan warga dari Pemerintah Prov.Kaltim Yang di wakili Oleh Sdr.Rony Ifransyah (Sekertaris Kesbangpol Prov.Kaltim) yang didampingi oleh Brigpol.Edy Yusbar (Polres Kutai Kartanegara) dan Fathor Rahman(Kakesbangpol Kab.Kutai Kartanegara) Ke Pemerintah Prov.Sultra dalam Hal ini Dinas Sosial dan Kesbanpol Prov.Sultra, hadir dalam acara penyerahan warga tersebut Drs.H.Iskandar SH.M,si.MH (Kadis Kemensos Prov.Sultra), Hamdan Piabang SE.MM (Kepala Bidang Ketahanan Seni Budaya Agama Ormas dan Ekonomi Kesbangpol Prov.Sultra), DR.Ridwan Syah Taridala M.si.(Kakesbangpol Kota Kendari), Drs.Lm.Maluadi (Kepala bidang Bina Sosial Kota Kendari), Drs.H.Iskandar SH.M,si.MH (Kadis Kemensos Prov.Sultra), Selanjutnya Pihak Kesbangpol Prov.Sultra akan menyerahkan Ke Kesbangpol Kota Kendari sebagai Warga Kota Kendari.

Dalam keterangannya Pihak Kepala Kesbangpol Kota Kendari menyatakan bahwa dia akan melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan Poasia dan Kelurahan Anggoya untuk mengetahui status keberadaan Ex.Gafatar tersebut, apabila pihak Kecamatan dan kelurahan tidak mau menerima keberadaan mereka kembali di kelurahan anggoya maka pihak pemerintah dalam hal ini Depsos Kota Kendari akan menampung mereka.photo_2016-02-13_22-09-39

Menurut Kepala Kesbang Kota Ridwansyah Taridala mengatakan bahwa keempat ex gafatar tersebut akan diserahkan ke kantor walikota Kendari dan akan di lakukan pembinaan kepada keempat orang tersebut, hari ini keempatkan akan diterima secara resmi di kantor walikota nanti, dan mungkin akan dilakukan pendampingan dulu terhadap keempatnya agar mereka bisa kembali normal berfikir, karena menurut fatwa MUI itu mereka sudah termasuk murtad, setelah semuanya kembali normal, baru dipulangkan ke keluarganya ujarnya saat ditemui di ruang VIP Bandara Halu Oleo. Selanjutnya menurut beliau Keempat ex gafatar tersebut merupakan warga dari Kecamatan Poasia Kelurahan Anggoya Kota Kendari, keempat orang tersebut merupakan ibu rumah tangga dan ketiga anaknya yaitu Nur Kurnia Dewi (31), Ahmad Sirajuddin (10), Salsabila (3), dan Farid Sauki (1).

Ridwansyah juga mengatakan jika para ex Gafatar tersebut tidak memiliki keluarga pihak pemerintah akan memfasilitasi tempat tinggal untuk sementara selama pembinaan.

Jika mereka masih mempunyai keluarga yah kita pulangkan ke keluarga, kalau tidak ada keluarga yang mau terima atau mereka betul betul tidak punya keluarga, nanti kami koordinasikan ke walikota untuk memberikan fasilitas tempat tinggal sementara dan agar mereka jangan sampai terlantar, terangnya.

Eks gafatar asal Sultra berjumlah 13 orang, namun baru 4 orang yang mau dipulangkan ke Kendari, menyusul 2 orang yang sudah pulang duluan ke Baubau sedangkan ke tiga kepala keluarga lainnya belum mau untuk dipulangkan di Kendari.

Sebenarnya ada 13 orang yah, namun cuman 4 orang ini yang mau di pulangkan dikendari, tiga kepala keluarga lainnya belum mau pulang dikendari, mereka disinyalir masih di kalimantan timur, tiga kepala keluarga tersebut yaitu Irwansyah, Nasruddin dan Andi Firdaus, jelasnya.

Selanjutnya pihak Kesbangpol Provinsi Sultra menyerahkan ke Kesbangpol Kota Kendari sebagai warga kota Kendari, pihak Kesbangpol Kota Kendari akan berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Poasia dan Kelurahan Anggoya untuk mengetahui status keberadaan Eks Gafatar tersebut. (Penrem143).

About Penrem 143/HO

Check Also

Penyuluhan Kesehatan Terpadu Dengan Materi Penyakit Pneumonia Berat/Corona Virus (2019-NCOV) Tw l Ta.2020.

Kendari, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) - Senin, 03 Februari 2020 bertempat di Aula Sudirman Ajendrem 143/HO, Jln.Drs.H.Abdullah Silondae, …

Ketua Yapsa Panti Asuhan Harapan Baru Lambuya Apresiasi Kunjungan Danrem 143/HO dan Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 143 PD XIV/Hsn.

Konawe, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) - "Kami dan keluarga besar Panti Asuhan Harapan Baru mengucapkan syukur kepada Tuhan …

Danrem Ajak Umat Katholik Selalu Menebarkan Kebaikan, Kedamaian, Persaudaraan & Kerukunan Untuk Semua Orang

Kendari, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) Semoga seluruh Umat Katholik yg ada di Prov. Sultra agar terus menjadi garam …

Cetak Gol,Komandan Korem 143/ HO Bawa Tim Perwira Korem 143/ HO Ungguli Tim Perwira Yonif 725/Wrg

Kendari, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) Dalam lawatannya ke Markas Yonif 725/Woroagi Tim Perwira Korem 143/Halu Oleo yang langsung …

TINGKATKAN RASA SYUKUR KOREM 143/HO GELAR CERAMAH AGAMA

Kendari, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) Selasa (21/1/2020) bertempat di Masjid Al Askaria Korem 143/HO, Kota Kendari Sulawesi Tenggara …

.