Home / Artikel / KMC KOMANDO AD-16-06 UNJUK KEMAMPUAN PADA JURNALIS

KMC KOMANDO AD-16-06 UNJUK KEMAMPUAN PADA JURNALIS

Kendari, (korem143.kodam-hasanuddin.mil.id) - KMC Komando milik Bekangdam XIV/Hasanuddin yang di perbantukan di Korem 143/HO kembali unjuk kemampuan, Jum,at (14/7), Setelah sebelumnya KMC yang bernomor lambung AD-16-06 ini diuji coba selama 8 jam pelayaran menuju Pulau Kabaena, kini alutsista yang bertugas di wilayah Korem 143/HO tersebut di uji coba untuk melakukan pelayaran dan sekaligus beberapa manuver dengan para kuli tinta .

"Perhatian kepada awak kapal dan penumpang, kapal akan melakukan manuver 180 derajat," pesan Lettu Heri Iswanto Komandan KMC Komando AD-06-16 dari anjungan melalui pembesar suaranya. Tak sampai satu menit setelah pengumuman itu, Kapal pun melakukan manuver memutar kiri 180 derajat. Setelah manuver putar haluan kiri 180 derajat selanjutnya Kapal bergerak normal dengan kecepatan jelajah dan setelah itu kembali Dan KMC menyampaikan jika Kapal akan melakukan manuver putar haluan kanan 180 derajat.

Usai melakukan manuver putar haluan kiri dan kanan 180 derajat, Kapal kembali dipacu dengan kecepatan maksimum. Tidak lama berselang, dari anjungan Komandan KMC kembali memberitahukan awak kapal dan penumpang jika Kapal yang dinakhodainya akan melakukan manuver 360 derajat.

"Perhatian kepada awak kapal dan penumpang, kapal akan melakukan manuver 360 derajat," ujar Lettu Herri lagi. Kemampuan manuver 360 derajat oleh Kapal ProduksI PT.Tesco Indomaritim membuat decak kagum dari para penumpang kapal yakni para awak media di daerah ini.

Setelah bermanuver 360 derajat, Kapal kembali dipacu dengan kecepatan maksimal. Tidak lama kemudian kembali terdengar aba-aba dari Komandan Kapal bahwa kapal akan melakukan crash stop atau rem mendadak.

"Kepada awak kapal dan penumpang, sebentar lagi kapal akan melakukan crash stop diharap berpegang yang kuat," ujar perwira dua balok itu di balik kemudi.

Tidak lama kemudian kapal pun terhenti ditengah kecepatan hingga membuat air laut meluber hingga di anjungan dan buritan kapal. Semua penumpang yang ada di atas anjungan dan buritan kapal basah tersiram air laut.

Setelah terhenti sekitar setengah menit, kapal kembali bergerak untuk menuju Pulau Bokori. Sesampai di Pulau Bokori Komandan Kapal memberikan aba-aba jika kapal akan melakukan manuver pendaratan pantai sehingga penumpang diharapkan bersiap untuk turun dari kapal melalui pintu kapal yang berada di haluan yang dirancang khusus.

Lagi-lagi pendaratan penumpang oleh KMC Komando membuat decak kagum awak media dan para pengunjung Pulau Bokori yang saat itu menyaksikan manuver pendaratan Kapal Milik Korem 143/HO. Pasalnya kapal terlihat sandar di bibir pantai meskipun kedalaman pantai tidak lebih dari 1 meter.

Kepada Wartawan Dandenbekang XIV/5 Kendari Mayor Cba Hariyoto mengatakan manuver yang diperagakan oleh KMC Komando merupakan bagian dari kemampuan Kapal tersebut.

"Begitu juga dengan manuver Crash Stop tadi, itu adalah salah satu keunggulan kapal ini sehingga bisa menghindari tabrakan ditengah pelayarannya," ujarnya.

Sementara itu Danrem 143/Ho melalui Kapenrem 143/Ho, Mayor Inf Azwar Dinata mengungkapkan rasa gembiranya atas kehadiran kapal tersebut, dirinya mengatakan, kehadiran 1 unit Kapal KMC Komando di wilayah tugas Korem 143/Ho merupakan kebutuhan bagi TNI-AD karena wilayah Sultra memiliki karateristik wilayah kepulauan.

Untuk diketahui Sulawesi Tenggara yang terletak pada posisi 245' dan 615'LS, 12045' dan 12445'BT, memiliki luas wilayah 38.140 km dan 70 % merupakan wilayah perairan, sehingga kehadiran KMC Komando diwilayah Korem 143/Ho sangat membantu satuan Korem 143/Ho dalam melaksanakan tugas pokoknya, Ujarnya.

Mayor Inf Azwar Dinata juga menjelaskan bahwa Kapal Motor Cepat Komando ini merupakan hasil karya anak negeri yang terdiri dari para Perwira Direktorat Pembekalan dan Angkutan TNI AD yang bekerja sama dengan tenaga ahli dari Institut Teknologi Surabaya (ITS) dan tenaga pelaksana pembangunan dari PT. Tesco Indomaritim.

Adapun pembangunannya dimulai tahun 2013 silam di galangan PT. Tesco Indomaritim dengan bahan alumunium. Sejak diterima di lingkungan Alutsista TNI AD, pembangunan Kapal KMC Komando dari tahun ke tahun terus di tingkatkan.

Menyinggung tentang Kapal KMC Komando yang diterima Korem 143/Ho, Kapenrem 143/Ho itu mengungkapkan bahwa Kapal tersebut memiliki banyak keunggulan diantaranya, Memiliki LOA (Leangth Over All) atau panjang keseluruhan kapal adalah 18.00 meter dengan lebar 4,20 meter dan tinggi 2,15 meter dan dapat dilengkapi dengan senapan mesin 12,7 mm yang memiliki jangkauan 6.000 meter dan jangkauan efektif 2.000 meter, plus sistem tracking and locking target.

Kapal ini memiliki kekuatan 2X1115 Hp (Horse Power), dilengkapi oleh tanki air tawar dengan volume 750 liter, dilengkapi oleh kompas, GPS, Radio SSB, Radio HT, Ring Bouy, dan 4 Life Raft serta teropong siang dan teropong malam.

KMC Komando yang diterima oleh Korem 143/Ho ini memiliki kecepatan 40 knots dan dapat dimaksimalkan dalam situasi tertentu sampai 43 Knots.

Kemampuan lain yang di miliki KMC Komando dapat menampung 31 penumpang Plus 4 awak kapal. Kapal ini juga mampu digunakan untuk pendaratan pasukan di pantai serta mampu berlayar terus menerus sejauh 250 Nautical Mile.

KMC Komando ini juga mampu dioperasikan di laut dalam, di garis pantai (kedalaman 1 meter tidak dengan kecepatan maksimal), sungai dan daerah rawa. Keunggulan lain yang dimiliki kapal KMC adalah dapat mengerem secara mendadak, Kemampuan ini belum tentu dimiliki oleh kapal yang lain, Pungkasnya. (penrem 143).

About Penrem 143/HO

Check Also

Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Kendari, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) Jumat tanggal 18 Oktober 2019 di Lapangan Upacara Makorem 143/HO Jl. Abd Silondae …

TNI – POLRI Bersama Forkopimda, Tokoh Agama dan Elemen Masyarakat Gelar Doa Bersama Dalam Rangka Mewujudkan Kedamaian Bangsa

Kendari, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) TNI - Polri bersama Forkopimda, Tokoh Agama dan Elemen Masyarakat menggelar doa bersama …

Jaga Silaturahmi dan Pentingnya Jaga Keluarga Dari Bahaya Bermedia Sosial Dalam Rapat Pertemuan Gabungan Anggota Persit Kartika Chandra Kirana Jajaran Koorcab Rem 143 PD XIV/Hasanudin

Kendari, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) "Terimakasih Kepada Seluruh Anggota Persit Kartika Candra Kirana Jajaran Koorcab Rem 143 PD …

Danrem 143/HO : Saring dan Bijaklah Dalam Bermedia Sosial

Kendari, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) Komandan Korem 143/HO Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto, S.E., M.Si seusai pelaksanaan Upacara …

Komandan Korem 143/HO Pimpin Sidang Penjatuhan Hukuman disiplin dan Sertijab Dandim 1417/Kdi

Kendari, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) Komandan Korem 143/Halu Oleo Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto, S.E .,M.Si., pagi tadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.