Home / Berita / Narkoba dan Dampak Penggunaannya Bagi Pemakai.
Ekstacy Satu Jenis Obat Narkoba Yang Dilarang Di Konsumsi.

Narkoba dan Dampak Penggunaannya Bagi Pemakai.

Kendari (korem143.kodam-wirabuana,mil.id) - Bisnis narkoba adalah bisnis yang sangat menggiurkan karena akan menjanjikan keuntungan yang berlipat ganda oleh karena itu tidak jarang pelaku, pengedar dan penjual narkoba berasal dari aparat entah itu PNS, Polri ataupun anggota TNI.

Pembersihan yang dilakukan oleh Pangkostrad atas perintah Panglima TNI untuk melaksanakan penggeledahan di asrama Makostrad di Jakarta baru-baru ini harus menjadi perhatian kita semua, langkah yang dilakukan oleh Panglima TNI dan Pangkostrad ini patut mendapatkan apresiasi oleh semua pihak, tindakan ini bukan bunuh diri tetapi merupakan keberanian dari pimpinan TNI khususnya angkatan darat untuk betul-betul serius dalam menanggapi perintah dari Presiden RI.

Keputusan untuk melakukan pembersihan di tubuh TNI tidak sia-sia karena tim yang diperintahkan untuk melakukan penggeledahan menemukan beberapa anggota Kostrad yang terlibat dalam bisnis narkoba bahkan ada keterlibatan prajurit sampai ke tingkat perwira menengah.

Dari hasil yang didapat itu menunjukkan kepada kita bahwa peredaran narkoba di Indonesia sudah sangat memprihatinkan karena sudah sampai menyentuh institusi yang sampai detik terakhir masih dianggap masyarakat Indonesia sebagai institusi yang memiliki rating tertinggi dalam hal penilaian institusi yang terpercayadi negeri ini.

Penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba menjadi ancaman serius hampir di semua negara didunia tidak terkecuali di Negara Indonesia, bahkan di negara Indonesia hukuman bagi pengedar narkoba ancaman hukumannyasangat berat sampai berakhir dengan hukuman mati. Hal ini mengingat dampak yang ditimbulkan dari penyalagunaan narkoba dapat menghancurkan generasi penerus bangsa dan jati diri sebuah bangsa.

Oleh karena itu diperlukan keseriusan dan upaya khusus untuk menanggulangi permasalahan tersebut mengingat negara Indonesia secara Geografis, Geostrategis, Demografi, Sosial, Ekonomi, Politik sangat rawan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba.

Ada banyak alasan yang membuat negara Indonesia menjadi target pasaran narkoba internasional, diantara banyak alasan tersebut adalah sebagai berikut ;

  1. Geografis. Ditinjau dari sudut geografis Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak posisi silang jalur transportasi perairan internasional, dengan posisi ini wilayah Indonesia selalu akan bersentuhan dengan dunia luar.
  2. Negara Indonesia berdekatan dengan wilayah produksi opium terbesar dunia yaitu segi tiga emas dan bulan sabit emas, sehingga sangat memungkinkan negara Indonesia menjadi target daerah pemasaran narkoba.
  3. Geostrategis. Indonesia terletak di jalur lalu lintas laut Asia dan Australia dan juga 2 samudra Hindia dan Fasifik, dilintasi oleh 16 bandara Internasional yang menghubungkan pada berbagai negara, sementara piranti dan personil dan pengawasan sangat terbatas.
  4. Demografi. Ditinjau dari sudut jumlah penduduk maka negara Indonesia adalah negara ke-4 (empat) yang memiliki penduduk terbesar dunia setelah China, India dan Amerika Serikat dengan tingkat pengangguran dan kemiskinan yang tinggi menjadikan negara Indonesia sebagai daerah pemasaran yang sangat potensial bagi pasaran Narkoba.
  5. Negara Indonesia tergolong bangsa dengan tingkat pengangguran dan kemiskinan yang cukup tinggi sehingga negara Indonesia termasuk salah satu negara yang kategori miskin.
  6. Kita juga harus jujur bahwa negara ini belum dapat keluar sebagai pemenang dalam menanggulangi krisis multidimensi ditanah air ; pengangguran, korupsi, polemik hasil pemilukada, ketidak stabilan harga barang, dan lain-lain menyebabkan persoalan penyalahgunaan narkoba selama ini kurang diperhatikan.
  7. Dengan karakter bangsa yang ramah, mudah tersenyum, dan sangat gampang membuka diri dengan dunia luar maka bangsa ini akan sangat mudah pula terpengaruh pada hal-hal yang baru.
  8. Adanya kecenderungan anak-anak muda sekarang menganggap Narkoba sebagai bagian dari pola hidup moderen, bila peranggapan demikian adalah benar maka itu akan menjadi tugas berat untuk memberantasnya.

Persoalan tersebut diatas adalah merupakan alasan yang menyebabkan Indonesia menjadi lirikan dan pusat perhatian para produsen dan pengedar Narkoba. Oleh karena itu sebagai bangsa yang memiliki segudang sejarah dan pengalaman maka bangsa ini harus dibentengi oleh tembok yang kokoh dan kuat agar bangsa ini tidak terjerumus kedalam bangsa pengguna dan pemakai narkoba.

WHO  mencatat pada tahun 2015 yang lalu 5,1 juta jiwa penduduk dunia meninggal dunia akibat Narkoba, BNN dan UI mencatat 2,8 % penyebab kematian di Indonesia adalah akibat pemakaian Narkoba. Bila penelitian yang dilakukan oleh BNN dan UI ini benar berarti hampir 40 sd 50 orang /hari atau 18.000 orang/tahun penduduk Indonesia meninggal dunia akibat Narkoba. Dengan data yang dimiliki oleh BNN dan UI maka adalah hal yang wajar bila Presiden RI Joko Widodo menyatakan negara dalam keadaan darurat Narkoba dan menyatakan perang terhadap Narkoba.

Pernyataan perang dan darurat Narkoba ini harus kita respon dengan cepat karena bila terlambat maka peredaran dan penyalagunaan narkoba akan semakin menggila di tanah air ini.

Untuk mengetahui secara detail tentang narkoba dan bahayanya mari kita ulas apa itu narkoba, Pengertian narkoba atau napza menurut para ahli, pakar kesehatan, dan pengertian narkoba menurut BNN.

Pengertian Narkoba

  • Narkoba menurut BNN adalah singkatan dari Narkotika dan obat/bahan berbahaya. Dalam istilah lain yang diterangkan oleh kementrian kesehatan Republik Indonesia adalah napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan zat adiktif. Dari kedua istilah ini baik narkoba, napza semua mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki resiko kecanduan bagi pengunanya.Pengertian narkoba menurut para ahli
  • Pengertian narkoba menurut Kurniawan (2008). Narkoba adalah Zat kimia yang dapat mengubah psikologi seperti perasaan, fikiran, suasana hati serta prilaku jika masuk kedalam tubuh manusia baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntik, intravena dan lain sebagainya.
  • Pengertian narkoba menurut Jackobus (2005). Narkoba adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman dan bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa dan dapat menimbulkan ketergantungan.
  • Pengertian narkoba menurut Ghoodse (2002). Narkoba adalah zat kimia yang dibutuhkan untuk merawat kesehatan, ketika zat tersebut masuk kedalam organ tubuh maka terjadi satu atau lebih perubahan fungsi didalam tubuh. lalu dilanjutkan lagi ketergantungan secara fisik dan psikis pada tubuh, sehingga bila zat tersebut dihentikan pengkonsumsiannya maka akan terjadi gangguan secara fisik dan psikis.
  • Pengertian narkoba menurut Wresniwiro (1999). Narkoba adalah zat atau obat yang dapat mengakibatkan ketidaksadaran atau pembiusan, karena zat-zat tersebut bekerja mempengaruhi saraf sentral.
  • Pengertian narkoba menurut Wartono (1999). Narkoba adalah dampak yang ditimbulkan antaralain dapat berupa gangguan konsentrasi dan penurunan daya ingat bagi pemakai, sedangkan dampak sosialnya dapat menimbulkan kerusuhan di lingkunan keluarga yang menyebabkan hubungan pemakai dengan orang tua menjadi renggang, serta menimbulkan perilaku yang tidak diinginkan seperti pencurian atau penodongan. Pengertian narkoba menurut Ikin A.Ghani, Narkoba adalah berasal dari kata Narkon yang berasal dari bahasa yunani yang artinya beku dan kaku. Dalam ilmu kedokteran juga dikenal istilah Narcoseatau Narcicis yang berarti membiuskan.
  • Pengertian narkoba menurut Soerdjono Dirjosisworo, Narkoba adalah zat yang bisa menimbulkan pengaruh tertentu bagi yang menggunakannya dengan memasukkan kedalam tubuh, pengaruh tersebut bisa berupa pembiusan, hilangnya rasa sakit, rangsangan semangat dan halusinasi atau timbulnya khayalan-khayalan. Sifat-sifat tersebut yang diketahui dan ditemukan dalam dunia medis bertujuan dimanfaatkan bagi pengobatan dan kepentingan manusia dibidang pembedahan, untuk menghilangkan rasa sakit dan lain-lain.
  • Pengertian narkoba menurut pakar kesehatan Menurut pakar kesehatan Narkoba adalah Psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. namun persepsi itu disalahgunakan akibat pemakaian yang melibihi batas (over dosis). Dari definisi narkoba di atas dapat disimpulkan bahwa narkoba adalah segala zat berbahaya bagi tubuh yang dapat menyebabkan ketergantungan bagi si pengguna.
  • Jenis jenis narkoba
  1. Narkotika : Menurut Undang-Undang no 22 thn 1997 tentang narkotika pasal 1 pengertian narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan. Jenis dari narkotika ini terbagi lagi diantaranya: Opium atau Opiat (Candu) : Merupakan golongan narkotika alami yang biasanya sering digunakan dengan cara dihisap. Morfin : Merupakan zat aktif (Narkotika) yang diperoleh dari candu melalui proses kimia yang mana cara pemakaiannya disuntik di bawah kulit , ke dalam otot atau pembuluh darah. Heroin atau putaw : Merupakan golongan narkotika semisintetis yang dihasilkan dari pengolahan morfin secara kimiawi melalui 4 tahapan sehingga diperoleh heroin paling murni berkadar 80%-90%. Meskipun heroin ini adalah hasil pengolahan dari morfin namun zat ini sangat mudah menembus otak dan memiliki reaksi yang lebih kuat dari morfin itu sendiri. Ganja atau kanabis : Berasal dari tanaman kanabis sativa dan kanabis indica, pada tanaman ini terkandung 3 zat utama yaitu tetrahidrokanabinol, kanabinol, dan kanabidiol. Cara penggunaannya dengan dihisap dipadatkan menyerupai rokok atau menggunakan pipa rokok.
  2. Psikotropika : Psikotropika adalah zat atau obat baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang meyebabkan perubahan khas pada aktifitas mental dan prilaku. Jenis-jenis dari psikotropika ini diantaranya: Ekstasi - Demerol - Angel Dust - Sabu-sabu - Sedatif-Hipnotok (Benzodiazepin /BDZ) - Megadon - Nipam.
  3. Zat Adiktif : Zat Adiktif merupakan zat-zat yang apabila dikonsumsi secara rutin akan mengakibatkan ketagihan diantaranya: Alkohol, Nikotin, Kafein, Zat Desainer.

Narkoba Baru

  1. Krathom :
krathom
krathom

Jenis dari narkoba ini berbentuk seperti daun ganja (canabis). Krathom ini memiliki sifat yang sama seperti morfin namun cara penggunaannya berbeda dengan jenis narkotika lainnya yaitu dengan cara diseduh seperti teh.

2. LSD atau SMILE. LSD sintetic ini berbentuk seperti kertas. LSD atau Lysergic Acid Dietthylamide dikenal juga sebagai lysergide. Dalam dunia farmasi LSD ini digunakan sebagai obat terapi. Jenis dari narkoba ini memiliki efek yang sama dengan jenis narkotika lainnya yaitu mengakibatkan halusinogen, depresan, paranoid dan ephoria, dan kecanduan. penggunaannya dengan cara ditempelkan pada lidah.

3. Methilon.

methilon
methilon

Jenis dari narkoba ini berbentuk serbuk dan merupakan keturunan dari chatinone (narkotika golongan 1). Dampak dari penyalahgunaan narkoba jenis Methilon ini sama seperti jenis narkotika lainnya yaitu depresan, halusinogen, ephoria dan kecanduan.

Selain tiga jenis narkoba baru diatas, dibawah ini beberapa narkoba jenis baru yang telah masuk di Badan Narkotika Nasional : Synthetic Cannabinoids 2 jenis (JWH-018;XLR-11)

  1. Synthetic Cathinones 6 jenis (MDMC) (methylone), 4-Mec, N-ethylcathinone, Pentedrone, 4-MMC (Metdrone), MDPV
  2. Phenetylamines 6 jenis (DMA, 2-CB, DOC, PMMA, 5-APB, 6-APB)
  3. Piperazines 3 jenis (Benzilpiperazine) (dari tahun 2007, sudah dilarang chlorophenil piperazine trifluoro-methyl-phenilpiperazine)
  4. Plant-based substances 2 jenis (Catha edulis, Mtragyna speciosa)
  5. Ketamine (sejak 2007, masuk peraturan obat keras)
  6. Miscellaneous 1 jenis (Methyl-tryptamine)

Berikut ini adalah 1 jenis narkoba lainnya yang juga sangat berbahaya dan mematikan.

Nama jenis narkoba ini adalah krokodil yang merupakan bahasa rusia sedangkan dalam bahasa inggris berarti crocodile atau buaya. krokodi adalah salah satu jenis dari narkotika yang memiliki nama lain moonshine dan jenis ini termasuk jenis heroin baru.

Krokodil merupakan campuran koktail beracun dari codein, gasoline, thinner car, hydrochloric acid dan fosfor merah. jenis narkoba ini dianggap mematikan karena dikenal sebagai obat yang memakan para pecandu, ini disebabkan zat ini dapat menghancurkan daging manusia oleh karena itulah krokodil dikenal juga dengan sebutan cannibal heroin. Sama halnya dengan skopolamin yang dapat membuat si pemakai menjadi zombie, jenis narkoba atau jenis narkotika krokodil ini juga membuat penggunanya menjadi zombie karena salah satu efeknya yaitu menggerogoti daging si pengguna dari dalam. Dari info yang tersebar diketahui krokodil ini berbentuk pil yang berasal dari rusia.

Penggunaan krokodil dalam jangka pendek mengakibatkan pemakai atau pengguna mengalami kerusakan saraf, otot, kelenjar tiroid, kerusakan pada tulang rawan dan tulang keras, sedangkan untuk penggunaan jangka panjang efeknya adalah mengakibatkan infeksi akut pada hati, otak, tulang belakang, dan paru-paru.

Ciri-ciri kerusakan pada fisik yang dapat dilihat adalah warna kulit berubah menjadi hijau tua dan terkadang pada kasus lain kulit berlubang menyerupai zombie terutama pada tempat atau pada bagian tubuh mana zat tersebut disuntukkan.

Dalam dunia medis jenis narkoba ini (krokodil) dikenal dengan sebutan desomorfhine yang jika digunakan secara terus menerus dapat menyebabkan pembuluh darah pecah dan di negara asalnya sendiri (rusia) jenis narkoba ini setidaknya telah memakan korban sekitar 30.000 orang yang meninggal per setiap tahunnya dan yang lebih mengkhawatirkan lagi dari jenis narkoba ini adalah harganya yang lebih murah dari heroin sehingga penyebarannya lebih cepat meluas.

Melihat fakta di atas kita dapat membayangkan bagaimana dahsyatnya bahaya narkoba krokodil ini dan jika kita mencoba menghitung jika 10 negara saja mengalami hal serupa dengan rusia itu artinya 30.000x10= 300.000 jiwa melayang per setiap tahun dan tidak salah jika jenis narkoba atau narkotika ini dianggap sebagai jenis narkoba paling mematikan

Ganja

Ganja merupakan salah satu jenis narkoba yang familiar ditelinga kita namun mungkin sedikit yang tau bahwa tanaman ganja banyak jenisnya dan tidak menutup kemungkinan salah satu dari jenis tanaman tersebut ada disekitar kita bahkan dari beberapa jenis tanaman ganja itu bentuknya menyerupai tanaman hias. Sangat konyol jika kita ditangkap polisi karena dituduh menanam ganja ? padahal kita sendiri tidak tau bahwa yang kita tanan tersebut adalah ganja.

Berikut ini adalah gambar dari jenis-jenis tanaman ganja

  1. Big Bud
    Big Bud
    Big Bud

    Memiliki daun yang lebat dapat tumbuh hingga bermeter-meter jenis ini termasuk jenis unggul karena dapat menghasilkan ganja.

2. Lowryder

lowryder-1-cannabis-seeds
lowryder-1-cannabis-seeds

Sangat mudah beradaptasi ukurannya mini sekitar 12 inci2-3 minggu fase benih dan dalam 30-45 hari sudah memiliki bunga.

  1. Ice (White Rino Weed)
white_rino_weed
Ice- white_rino_weed
  1. Skunk
Skunk
Skunk
  1. Northern Lights
Northern-lights
Northern-lights6. New York City Diesel
New York-diesel
New York City Diesel

Dapat tumbuh hingga 4 kaki jika di dalam ruangan dapat tumbuh hngga 12 kaki jika di luar ruangan.

  1. Afghan
fghan-skunk
Afghan-skunk

Memiliki aroma bensin ketika dipanen kuncup berminyak selain memabukkan, tanaman ini berkahasiat meredakan insomnia dan nyeri kronis.

  1. Purple Power
    deep-purple-power
    deep-purple-power

Sangat cocok tumbuh di luar ruangan tinggi mencapai 5-6 kaki.

  1. Blueberry
white_widow_x_blueberry
white_widow_x_blueberry
 
10. Ak_47
ak_47
ak_47

Dampak penggunaan Narkoba

Narkoba memiliki sifat ketagihan dan jika dikonsumsi dapat merusak tubuh terutama terganggunya susunan saraf pusat di otak yang secara otomatis berdampak luas pada organ-organ tubuh yang lainnya, begitu juga terhadap prilaku akibat dari efek yang ditimbulkan dari penggunaan narkoba.

Efek Penggunaan Jangka Panjang Stimulan

  • Stroke, kejang, sakit kepala
  • Depresi, kecemasan, iritabel, marah, gelisah, sulit tidur
  • Kehilangan daya ingat, bingung, masalah dalam perhatian
  • Paranoia, halusinasi pendengaran, reaksi panik
  • Ide bunuh diri
  • Infeksi sinus hidung
  • Kehilangan kemampuam indera pencium, perdarahan hidung, pilek kronik, keserakan
  • Mulut kering, bibir kering dan pecah-pecah
  • Kerusakan Gigi (akibat menggertakan gigi saat intoksikasi)
  • Masalah menelan
  • Sakit dada, batuk, kegagalan pernafasan
  • Gangguan irama jantung dan serangan jantung
  • Komplikasi pada pencernaan (Nyeri abdominal dan mual), Malnutrisi, penurunan berat badan, tidak ingin makan
  • Kehilangan gairah seks
  • Lemah , kelelahan, tremor, berkeringat, kulit berminyak,wajah pucat

Efek Halusinogen (LSD, Magic Mushrom)

Jangka Pendek

  • Otot melilit.
  • Lemah, mati rasa, gemetar seluruh tubuh.
  • Pusing, mual, muntah.
  • Peningkatan detak jantung, pernafasan, tekanan Darah
  • Demikian informasi tentang narkoba, terutama narkoba jenis baru, diharapkan dapat mengurangi peredaran narkoba/narkotika/zat adiktif di indonesia.

Efek Halusinogen (LSD, Magic Mushrom)

Jangka Panjang

  • Terjadi flash back.
  •  Rasa yg tidak nyaman.
  • Kerusakan daya ingat dan kesulitan konsentrasi.
  • Gangguan kesehatan mental

Efek Obat Penenang

Efek Jangka Pendek

  • Rasa santai, ngatuk, lelah, lemas.
  • Euforia, pusing atau bingung.
  • Bicara tak jelas/cadel
  • Pengaruhi persepsi jarak dan gerakan
  • Pandangan kabur/dobel
  • Hilang ingatan sementara

Efek Jangka Panjang

  • Lemas, Iritabel
  • Mual dan sakit kepala
  • Susah tidur dan mimpi burukKehilangan gairah sex
  • Kulit gatal, nafsu makan
  • Gangguan mentruasi
  • Sulit ingat kejadian baru

Manfaat Positif Narkoba di tinjau dari sudut Medis/Dunia Kesehatan

Narkoba lebih dikenal di masyarakat luas sebagai zat adiktif/bahan yang berbahaya bagi kesehatan, namun pada dasarnya narkoba juga memiliki manfaat jika digunakan secara tepat. Sebagai contoh paling relevan dari manfaat narkoba adalah obat bius. Saya yakin si pasien tidak akan bersedia dilakukan bedah operasi tanpa diberikan suntikan obat bius sebelumnya. Namun perlu dicatat bahwa tidak semua jenis narkoba dapat digunakan sebagai obat bius, dan untuk mengetahui jenis jenis narkoba apa saja yang memiliki manfaat dan positif narkoba dibidang kedokteran, berikut rincian yang bisa penulis rangkum dari berbagai sumber.

1.Apioid (jenis narkotika) Opioid atau Opium selama bertahun-tahun dimanfaatkan sebagai penghilang rasa sakit, mencegah batuk dan diare 2.Kokain Kokain (daun tanaman erythroxylon coca) biasanya dikunyah-kunya untuk mendapatkan efek stimulan, seperti untuk meningkatkan daya tahan dan stamina atau mengurangi rasa lelah Dapat dijadikan sebagai obat sakit kepala untuk alkoholisme dan demam akut Digunakan sebagai anestesi topikal untuk mata, hidung dan operasi tenggorokan 3.Ganja Orang-orang zaman dahulu menggunakan tanaman ganja sebagai bahan pembuat kantung karena serat yang dihasilkannya sangat kuat, adapun bijinya juga dapat digunakan untuk bahan pembuat minyak 4.Heroin Salah satu bahan yang paling efektif dan paling aman untuk perawatan pasien yang memiliki penyakit kronis dan ekstrim seperti kanker 5.Ketamin Kebanyakan digunakan sebagai obat penenang hewan Dalam sebuah studi oleh Connecticut Kesehatan Mental Center menemukan bahwa 70% dari kelompok uji mereka menemukan pengobatan dengan Ketamin untuk penderita defresi, Ketamin juga dapat dijadikan sebagai obat untuk memperbaiki sambungan neuron di Otak yang sebelumnya telah rusak akibat stres kronis 6.Amfetamin Dalam dunia medis Amfetamin ini dapat digunakan sebagai obat untuk penderita defresi dan obesitas-----laporan dari State University Of New York. Dan yang lebih mengejutkan lagi, Amfetamin ini dapat membantu korban Stroke untuk pulih lebih cepat

Demikian artikel informasi tentang narkoba,dampak negatif maupun positip bagi pengguna, diharapkan mengerem peredaran narkoba/narkotika/zat adiktif di Indonesia. ( Nara Sumber-diambil dari beberapa Sumber).(Penrem143).

About Penrem 143/HO

Check Also

Danrem 143/HO : Tournamen Piala Danrem 143/HO Berajalan Aman dan Lancar.

Kendar,(korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) Kamis 19 Maret 2020 bertempat di Lapangan Tenis Makorem 143/HO Jl. Abd.Silondae Kel. Korumba …

Cegah Penyebaran Penularan Virus Corona Persit KCK Koorcab Rem 143 PD XIV/Hsn Gelar Ceramah Kesehatan

Kendari, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) Ceramah Kesehatan Pencegahan Penularan Virus Corona Persit Chandra Kirana Jajaran Koorcab Rem 143 …

Kepala Seksi Teritorial Korem 143/HO Laksanakan Pengawasan dan Evaluasi Di Kodim 1413/ Buton

Buton (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) - Kasiter Korem 143/Halu Oleo Letkol Inf Edward K di dampingi Serma Arfan …

Tournamen Piala Danrem 143/HO Resmi Bergulir.

Kendari(korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) - Kamis 12 Maret 2020 bertempat di Lapangan Tenis Makorem 143/HO Jl. Abd.Silondae Kel. …

Cegah dan Minimalisir Lakalalin Korem 143/HO Cek Kelengkapan Kendaraan Dinas dan Kendaraan Pribadi Personel Jajaran.

Kendari, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) "Pemeriksaan Kendaraan dilakukan untuk melaksanakan Surat Telegram Pangdam XIV/Hsn Nomor : STR/35/2020 tanggal …

.