Home / Pengumuman / TROOP INFO TENTANG UPAYA MENCEGAH KESALAHAN PROSEDUR DALAM KEGIATAN PELIPUTAN DAN PUBLIKASI DI MEDIA MASSA CETAK, ELEKTRONIK & ONLINE BAGI PERSONEL MAUPUN SATUAN JAJARAN TNI AD

TROOP INFO TENTANG UPAYA MENCEGAH KESALAHAN PROSEDUR DALAM KEGIATAN PELIPUTAN DAN PUBLIKASI DI MEDIA MASSA CETAK, ELEKTRONIK & ONLINE BAGI PERSONEL MAUPUN SATUAN JAJARAN TNI AD

Kendari, (korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) Peliputan adalah suatu proses pembuatan laporan tentang suatu peristiwa hingga siap untuk di publikasikan, sedangkan Publikasi adalah suatu kegiatan dimana seseorang atau kelompok mengumumkan hasil dari peristiwa/kejadian, kegiatan, acara, penelitian, diskusi atau sesuatu yang perlu untuk diketahui oleh masyarakat luas baik secara manuaI/tradisional maupun elektonik. Media massa cetak, elektronik & online adalah sarana/saluran yang dipergunakan sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita maupun pesan melalui media cetak menggunakan kertas, media elektronik menggunakan sarana elektronik dan media online menggunakan jaringan internet (situs web). Kegiatan peliputan serta publikasi yang dilakukan oleh wartawan/jurnalis/reporter lokal dan asing dari berbagai media TV, radio, surat kabar, majalah dan tabloid terkait pemberitaan skala domestik, nasional dan internasional terhadap perorangan, kelompok, organisasi, lembaga, instansi pemerintahan termasuk militer. Peliputan tersebut memberikan dampak bagi masyarakat umum dan juga terhadap prajurit serta PNS termasuk satuan jajaran TNI AD.

Dalam rangka meminimalisir kesalahan prosedur pada kegiatan peliputan dan mencegah dampak negatif dari publikasi yang menyangkut pemberitaan mengenai TNI sehingga hal tersebut telah dituangkan dalam perjanjian kerja sama antara TNI dengan Dewan Pers Nomor : Kerma/27/lX/2017 dan Nomor : 01.01/DP/PKS/lX/2017 tanggal 25 September 2017 tentang Sinergitas Kegiatan Pers di Lingkungan TNI. Permasalahan yang sering muncul terkait peliputan dan publikasi yang dilakukan oleh insan pers lokal maupun asing secara umum sering menimbulkan persoalan khususnya yang dilaksanakan di lingkungan TNI AD tentang pemberitaan yang menyangkut masalah kegiatan prajurit dan PNS TNI AD termasuk satuannya, hal ini disebabkan oleh kurangnya koordinasi terkait masalah perizinan, ketentuan pemberitaan/penyiaran maupun karena adanya penggunaan akses yang tidak sesuai dengan izin yang telah ditentukan. Dalam menyikapi permasalahan tersebut, maka pimpinan TNI AD telah mengeluarkan kebijakan bahwa peliputan dan publikasi terkait prajurit dan PNS serta satuan di jajaran TNI AD secara keseluruhan dikoordinasikan, dikelola dan menjadi tanggungjawab Dinas Penerangan TNI AD serta pelaksanaannya telah diatur berdasarkan Keputusan Kadispenad Nomor Kep/17Nll/2017 tanggal 11 Juli 2017 tentang Buku Pedoman Publikasi TNI AD di Media Massa.

Guna mencegah terjadinya kesalahan prosedur dalam kegiatan peliputan dan publikasi di media massa cetak, elektronik serta online bagi personel maupun satuan jajaran TNI AD, Spamad telah mengeluarkan STR yang sifatnya perintah maupun penekanan ulang seperti tertuang dalam STR Nomor : STR/605/2018 tanggal 7 Juni 2018 tentang peliputan media massa maupun elektronik, agar para Komandan/pimpinan satuan dapat mengambil langkahlangkah sebagai berikut :

Pertama. Pedomani prosedur perizinan pe|iputan dan publikasi oleh media lokal, nasional dan internasional. dimana pe|iputan dan publikasi baru dapat dilakukan setelah mendapat izin dari Kasad melalui Kadispenad dan disampaikan kepada media dengan produsernya serta tembusan kepada Pang/Dan/Dir/Ka satuan TNI AD.

Kedua. Menekankan kepada seluruh pejabat InteI/Pam dan Penerangan di satuan jajarannya untuk melakukan pengecekan terhadap kelengkapan administrasi bagi wartawan/jurnalis/reporter |oka|, nasional maupun asing mulai dari surat izin pe|iputan, publikasi/penyiaran dan security clearance dari Spamad bagi wartawan asing sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ketiga. Menekankan kepada seluruh pejabat InteIIPam dan Penerangan di satuan jajarannya agar mendampingi dan melakukan pengawasan secara melekat serta tidak memberikan akses bagi wartawan/jurnaiis/reporter lokal, nasional maupun asing yang melakukan pe|iputan diluar ketentuan yang berlaku.

Keempat. Melakuk an pengawasan dan pencegahan terhadap media cetak, elektronik dan online yang melakukan pe|iputan terkait dengan personel dan satuan TNI AD agar tidak terjadi pemuatan konten berita yang bertentangan dengan hukum, bernuansa SARA, bersifat politik, menjatuhkan konstitusi/lembaga/satuan/tokoh perorangan dewasa, remaja, anak-anak, tidak melanggar norma kesopanan, kesusilaan, etika profesi, kepentingan publik, hak privasi, rokok, narkotika, supranatural, menunjukkan kekerasan, perjudian, melanggar susila, HAM, LGBT maupun acara yang membuka informasi yang membahayakan pertahanan dan keamanan negara tentang taktik, strategi, kemampuan serta kekuatan militer.

Kelima. Menindak tegas terhadap pejabat maupun personel di satuan jajarannya yang terbukti secara sah melanggar hukum karena tidak mematuhi prosedur maupun ketentuan yang berlaku terkait pelaksanaan kegiatan pe|iputan dan publikasi yang dilakukan oleh wartawan/ jurnalis/reporter dilingkungan TNI AD.

Demikian Troop Info ini disampaikan kepada seluruh jajaran TNI AD untuk dijadikan atensi bagi para komandan/pimpinan.

Jakarta, 9 Agustus 2018 Asisten Pengamanan Kasad,

TTD

Muhammad Nur Rahmad Mayor Jenderal TNI

(penrem143)

About Penrem 143/HO

Check Also

PEMENANG LELANG CETAK SAWAH KOREM 143/HO TA. 2017.

Melalui tahapan dan proses sesuai prosedur ditetapkan pemenang lelang cetak sawah Korem 143/HO TA. 2017 …

PENGUMUMAN LELANG CETAK SAWAH TA 2017

IRJEN TNI-AD, MAYJEN TNI JOHNY L TOBING TINJAU DAPUR TMMD DAN CICIPI MASAKAN WARGA

Kolaka (korem143.kodam-wirabuana.mil.id)- Nuansa keakraban dan suasana kekeluargaan betul betul hadir dalam kunjungan Irjenad Mayor Jenderal …

BERSAMA WAKIL BUPATI, IRJEN TNI AD TINJAU SELURUH OBYEK SASARAN TMMD KODIM KOLAKA

Kolaka (korem143.kodam-wirabuana.mil.id) - Sebelum membangun sasaran fisik bangunlah sumber daya manusianya dengan membangun jiwa dan …

KMC KOMANDO AD-16-06 UNJUK KEMAMPUAN PADA JURNALIS

Kendari, (korem143.kodam-hasanuddin.mil.id) - KMC Komando milik Bekangdam XIV/Hasanuddin yang di perbantukan di Korem 143/HO kembali …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.